Teruslah menebar kebaikan lewat pendidikan


Pen·di·dik·an | Adalah "proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik;" begitulah menurut pengertian kamus besar bahasa Indonesia. 

Setiap insan yang lahir di dunia, tentu mengalami proses pengubahan sikap dan tata laku, hal ini bisa diperoleh melalui lembaga formal maupun nonformal. Jika dalam sebuah lembaga formal tentu sekolah dapat menjadi salah satu contohnya, disini nanti akan ada sebuah pendidikan. Begitupun juga dalam sebuah lembaga nonformal, tentu keluarga dan lingkungan dapat dijadikan pula menjadi contohnya. 

Dictionary of education menyebutkan bahwa pendidikan adalah proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya di dalam masyarakat di mana ia hidup.
Mendidik adalah membantu peserta didik dengan penuh kesadaran, baik dengan alat atau tidak, dalam kewajiban mereka mengembangkan dan menumbuhkan diri untuk meningkatkan kemampuan serta peran dirinya sebagai individu, anggota masyarakat dan ummat Tuhan. Sehingga tercipta situasi yang mendorong peserta didik mau dan dapat belajar atas dasar keinginan dari dalam dirinya sendiri untuk mengembangkan bakat, pribadi, potensi yang mengarah pada hal positif.

Dengan beberapa penjabaran di atas, maka dapat saya simpulkan bahwa sebuah pendidikan adalah "usaha guna mencerahkan dari batas-batas kegelapan: Minadzulumaati ilan Nuur" Dan kata "mencerahkan" disini akan luas sekali pemahamannya. Beberapa contoh diantaranya adalah;  sesorang yang tadinya biadab menjadi beradab, seseorang yang buta huruf menajadi melek aksara, seseorang yang tak menentuh arah menjadi terarah. Disamping itu, tentu usaha pendidikan akan maju jika dibantu dengan banyak faktor pendukung lainnya. Baik di sekolah, baik di lingkungan rumah bahkan keluarga. Kuncinya adalah pada para pendidik. Semoga pendidikan mampu mengembalikan peran yang menjadikan harapan. 

Beberapa diantara peran pendidikan yang saya baca di salah satu artikel milik Aris Kuriawan. 2019. Yang berjudul 14 Peran pendidikan bagi kehidupan manusia dan bermasyarakat dan fungsinya. Saya ambil 4 peran pendidikan. 
1. Mewujudkan individu yang ta’at dan bertaqwa kepada Tuhan
2. Mewujudkan individu yang beretika dan bermoral
3. Mewujudkan individu yang mampu bersosialisasi baik dalam masyarakat
4. Menyongsong masa depan cemerlang sebuah negara

Lalu, saya simpulkan bahwasannya pendidikan memberikan peran yang begitu menakjubkan. Pendidikan mampu memberikan peran untuk kebaikan individu tersebut sendiri, lalu masyarakat sekelilingnya bahkan kepada Tuhannya. 
Sebuah hubungan yang tiada putusnya antara vertikal dan horisontal. Mari memberikan peran terhadap apa yang telah kita dapatkan dalam pendidikan, dan teruslah mencari dan memberi pendidikan demi agama dan bangsa yang lebih baik lagi. 

Masrifatun Nida'
Rumah, 01 Agustus 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah