Dimulai dari saya

Alhamdulillahirrabil Aalamiin, Ramadan memasuki hari ke 13 dan Ramadan Menulis memasuki hari ke tujuh. Hehehe, tema yang di angkat kali ini perlu banyak data agar benar-benar akurat. Temanya adalah: Lingkungan hidup dan ekonomi global. Huwaa... Bagi saya yang jauh dari belajar formal terkait tentang hal ini tentu butuh sekali bacaan tambahan, maka ada beberapa point yang saya dapatkan dan saya garis bawahi. 

Bahwa upaya mempertemukan kembali ilmu ekonomi dan inveromental memiliki arti penting  dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Proses pengintegrasian keduanya adalah  melalui perumusan paradigma dan arah kebijakan yang bertumpu pada kemitraan dan partisipasi  para pelaku pembangunan dalam mengelola sumber daya yang seoptimal mungkin. Agar pembangunan yang dilakukan dapat menumbuhkan perekonomian tanpa menimbulkan banyak kerusakan lingkungan hidup, maka dibutuhkan adanya konsep pembangunan berkelanjutan, yaitu konsep pertumbuhan ekonomi yang tetap memelihara sumber daya alam yang digunakan.

Serta strategi integrasi lingkungan ke dalam pembangunan ekonomi. Dimensi keselarasan dan keseimbangan menjadi kata kunci dalam pengelolaan sumber daya berdasarkan dua prinsip. *Perinsip ekonomi untuk memenuhi hajat hidup, dan prinsip pengelolaan lingkungan yang arahnya adalah terwujudnya lingkungan yang kodusif.* Dalam arti lingkungan yang lestari, dengan tetap berprinsip pada pengelolaan yang bertanggung jawab, atas dasar etika ekonomi yang berkeadilan.

Nah, untuk mewujudkan keduanya bagi saya butuh skala besar dalam suatu usaha. Kalau saya ditanya tentang ini, tentu implementasi saya masih pada sektor diri sendiri, saya mulai dari saya. Jujur, saya sudah mengikuti beberapa akun yang melek akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Akun instagram itu adalah smallelephant.eco disana, saya jadi semakin aware akan kebutuhan saya selama ini. Berikut beberapa hal yang membuat saya melek. 


Kebiasaan yang sudah mulai saya coba adalah wasteless, mengurangi sampah plastik apabila melakukan interaksi membeli, saya sengaja membawa tas besar agar mjat banyak, mulai dari tumblr minuman (isi ulang) ketika kajian, simple sangat, mengurangi sampah plastik botol minuman kan? *eits tapi itu di gambar masih ada plastik dari snack, mohon maaf ya :)

Tema: Lingkungan hidup dan ekonomi global
Ramadan Menulis part 7

Masrifatun Nida'
Rumah, 13 Ramadhan 1441 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah