Be your self!

Run! Berlarilah! Pahamilah! Temukan dirimu! Kamu! Be your self! 

"Kau harus berani tampil mengungkapkan semua kegundahanmu! Kalau tak sekarang, lalu kapan lagi?" Kalimat itu semakin terngiang-ngiang di telinga, hanya seperti kemarin sore tapi sudah bertahun-tahun lalu rupanya. Kalimat yang mampu menyihir, membangunkan manusia yang lupa kalau semua manusia itu berhak bersuara. Menjadi pribadi sendiri, tanpa menjelma menjadi orang lain, dengan meniru gayanya, modelnya, atau cara bicaranya hingga hobinya. Toh, setiap orang itu dikarunia oleh Allah kemampuan terbaiknya masing-masing. 

Saya, pernah mengikuti sebuah diklat, saya termasuk yang pemalu di depan forum, awalnya. Lalu kalimat diatas yang meyakinkan saya bahwa saya punya cara sendiri tuk mengungkapkan kegundahan saya. Jika memang dalam sebuah forum saya wajib untuk bersuara ya saya akan mengerjakan hal itu, baik dalam forum diskusi kajian, di kampus hingga rapat di sekolah. Sebab kita akan bahagia jika mampu mengungkapkan keresahan kita. 

Terkadang, yang salah adalah pernyataan sekaligus pertanyaan "kenapa saya tak bisa menjadi seperti dia ya?" well, wake up!  Kita punya potensi tersendiri untuk menjadi diri kita! Cara mengungkapkan itu banyak hal, tidak cuma pinter ngomong saja loo di depan forum. Toh kadang ada beberapa manusia yang "dirinya" berada di tempat lain, menulis misalnya. 

Menulislah, tak apa jika masih ada saja yang menganggap tak bisa.
Menulislah, tak apa jika masih ada saja yang mengejeknya.
Menulislah, tak apa jika masih ada saja yang mengoloknya.
Menulislah, bukan karena kau ingin mencari musuh tapi hanya inginkan kedamain hati.
Karena hakikat menulis itu bukan untuk mendapatkan pujian atau celaan.
Tapi, menulislah karena kau akan abadi bersamanya. 

Setiap orang dilahirkan berbeda, dan pasti memiliki potensi terbaik masing-masing, jika belum menemukan, bentuklah dirimu menjadi yang kau suka! Ada yang suka mengoceh depan forum, ada yang diam-diam pandai merangkai kata, ada yang tangannya lincah membuat berbagai gambar, ada yang hatinya mulia mengabdi di ranah masyarakat, dan masih banyak lagi. 

Be your self!
Saya kutip dari buku from zero to hero kalimat di bawah ini.
"Orang-orang biasa tapi memiliki jiwa luar biasa selalu berpikir untuk melakukan (pekerjaan besar). Dia tidak sempat menyibukkan diri dalam perkara remeh yang bisa melenakannya. Menjahui pekerjaan hina yang bisa mencemarkannya. Menghindari kemaksiatan yang berdampak membuat kusut hatinya"

Tegapkan badanmu, pandang sekelilingmu, temukan dirimu. Jangan murung begitu ya :) sebab kau lebih indah jika menjadi dirimu sendiri. Be your self, right? 

Masrifatun Nida'
Sekolah, 09 Februari 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah