Sopan santun itu menyelamatkan

Alkisah, di Negeri Persia hifuplah seorang Raja yang begitu angunv dan patut di hormati. Suatu ketika, seorang pelayan (koki) datang memberikan hidangan. Namun, ada setetes makanan yang jatuh tepat di meja Raja. Rajapun marah dan mencari siapakah pelakunya. Raja merasa dijina dan tidak suka dengan kejadian itu, maka ia panggil Prajurit untuk memanggil sang koki tersebut. "Kau yang melakukan hal ini, maka akan ku hukum engkau dengan pasung". Setelah keputusan raja tersebut, maka datang kembali sang koki membawa makanan sebejana, ia tumpahkan isi makanan tersebut di tepat di depan meja sang Raja. Raja pun semakin geram, maka ia bertanya kepada koki tersebut. "Apa yang sedang kau lakukan?" Ia pun menjawab "Aku tidak ingin di luar sana, jika ada orang mendengar jika aku dipancung hanya gara-gara menumpahkan setetes saja makanan diatas meja Tuan.
Ku harap dengan apa yang kulakukan ini, mampu membuat orang di luar sana paham kenapa aku di pancung. Sebab aku telah menumpahkan sebejana/sebaskom makanan di meja Tuan Raja." Usai kejadian itu, Raja pun merenengi apa yang baru saja terjadi. Tak lama kemudian, Raja Persia itu mengucapkan "Terimakasih, kau telah menjaga nama baikku, kau telah menyelamatkanku. Maka tak ada hukuman pancung bagi seorang yang sopan santun sepertimu ini. Wahai prajurit, berikanlah hadiah kepada Koki ini tersebab akhlak karimahnya."

Begitulah prolog kisah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad, tadi saat berbuka saya melihat televisi bersama ibu saya. Alhamdulillah, sedang ada tausiyah beliau. Beliau menyampaikan bahwa. "Al Adabu Fawqol 'Ilm" Bahwasannya, adab itu berada diatas ilmu. Percuma menjadi pejabat, menjadi ahli ini itu tapi tak beradab. 
Mending menjadi seorang biasa namun beradab dan berakhlak baik.

Allah telah memuji Rasullah yang memiliki adab baik pada surat Al Qolam ayat 4.
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
"Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur."


Aisyah Ra. pernah ditanya tentang bagaimana akhlak Rasulullah. Maka ia menjawab "Akhlak Rasullah itu seperti Al Qur'an"
MasyaAllah, begitu mulianya sebuah akhlak karimah, ia mampu menaikkan derajat pemiliknya.

Pesan akhir Ustadz Abdul Somad "Sopan santulah, ia akan menyelamatkanmu"

Wallahu A'lam Bishowaab
Masrifatun Nida'
Rumah, 23 Ramadhan 1440H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah