First time

Yang pertama kali akan selalu terkenang. Nida'~

Saat pertama kali…
Masih ingatkah kita suatu hal yang pertama kali kita coba?
Lalu bersamaan dengan mengerjakannya ada rasa takut, rasa cemas, rasa ragu-ragu, rasa ketidakyakinan, ataupun perasaan-perasaan kebalikannya. Barangkali kita melupakan, tapi sesuatu yang pertama dan berbeda sudah pasti memberi kesan tersendiri. Untuk long term memory mungkin bisa diingat pada usia 5 tahun keatas. Dibwah itu, mungkin hanya sesekali. 

Jadi, fase 'pertama kali' kita lakukan, seperti awal kali mampu berdiri dari merangkak,
atau awal memasuki sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga kuliah, atau awal kali menaiki sepeda, atau awal kali mengendarai motor, atau awal kali menjalani kehidupan yang jauh dari orangtua, bahkan awal kali kita telah memutuskan suatu keputusan besar misalnya.

Semua yang dilakukan pertama kali sungguh tak tergantikan. Saya masih ingat tentang segala hal yang pertama kali saya sebutkan diatas, dan satu yang masih saya ingat bahwa pertama kali saya kuliah, saya harus jauh dari rumah dan jauh dari kedua orangtua. Bapak mengantarkan di depan masjid Ulul Albab kampus seusai acara temu wali kala itu. Bapak pamit, saya mencoba tegar. Bapak tanya apakah uang sakunya akan cukup. Dan akhirnya meninggalkan, hanya punggung yang terlihat dari kejahuan, tiba tiba pipi ini basah, jujur sebetulnya saya masih ingin berlama-lama dengannya. 

"Mungkin 4 tahun lagi dari ini, Bapak akan bersama lagi, foto bersama memakai toga" Saya bergumam waktu itu, dan kini waktu berlalu, dan saya takkan bisa berfoto lagi dengan engkau.

Dan saat ini kita akan terus dihadapkan dengan banyak keputusan 'pertama kali'.
Pesan (alm) bapak jangan ragu. Selamat memilih, selamat menikmati~

Masrifatun Nida'
Ontheway Gresik-Pacet, 24 Januari 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah