Bagaimana kabar Ramadhanmu?


Bismillahirrahmanirrahim...
اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ   
 وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ. 
“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)

Singkat doa untuk menghindarkan kita semua dari sifat-sifat buruk kemalasan.

Alhamdulillah, sudah berjumpa dengan hari ke 10 di bulan Ramadhan ini.
Semoga kita dimudahkan oleh Allah dalam segala aktivitas dan kebaikan-kebaikan lainnya. Saya jadi teringat sekilas kalimat khotib jum'at saat saya keluar ruangan di sekolah kemarin "Adakah Ramadhan yang datang ini sudah mengubahmu?" Seingat saya begitu, selebihnya saya tidak mendengarkan lagi, terpaut masjid sekolah dan ruangan saya memang kedap/tidak terdengar. Namun, saya mencoba menerka bagaimana khatib akan membawa pertanyaan monolognya itu kepada pemahaman jama'ah yang hadir. Lalu, saya pribadi jadi bertanya-tanya sendiri kepada diri saya. "Bagaimana kabar Ramdhanmu?"

Setiap muslim dan mukmin, pasti punya target individu untuk Ramadhanya kali ini, mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi. Sudahkah engkau mengerjakannya di hari sepuluh awal ini? Semoga kita tidak lupa apa saja yang harus kita lakukan untuk melaksanakannya. Jika ada beberapa hal yang belum terealisasi, semoga kita kembali kepada target-target kita. Tenang! Masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan. "Saya rasa kita butuh kawan agar saling mengingatkan dalam kebaikan, pun hati yang selalu berazzam untuk melaksanakan target sampai tuntas. Selamat berjuang!"

Carilah kawan, bentuklah kepribadian, dan berdoalah semoga Allah beri kita keistiqomahan dan terhindar dari kemalasan.
*Doa diatas bisa diamalkan, semoga Allah memudahkan~

Semangat pagi :D

Masrifatun Nida'
Gresik, 10 Ramadhan 1439 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah