Menyambut kedatangannya

Alhamdulillahirrabil Aalamiin, segala puji bagi Tuhan semesta alam. Aha!  Sore ini masih Allah beri kesempatan menarik napas lalu mengeluarkannya, heemm lega, syukur tak terkira. Tinggal beberapa hitungan jam saja akan memasuki berbagai amalan mulia di bulan Ramadhan ini. Yap! Dimulai dengan terawih ya. Dan eiits, sebelumnya apa saja yang kalian akan laksanakan di bulan syahru shiyam ini? Disini aku mau sharing tips n trik cara asyik di bulan Ramadhan (Ciele, macam orang yang ala-ala gitu. Tapi gak papalah ya. berbagi caraku, barangkali sama kayak kamu, atau barangkali cocok, bisalah dicoba)

Kita mulai masuk point-point tips n trik asyiknya :)

1. Siapkan Niat
Dimanapun, kapanpun pastikan ini ada di urutan terdepan. Niatnya karena Allah pastinya. Dan kalau masih belum ada niatan, kuy buat dan bentuk niat kita sebaik mungkin. Niatkan kalau akan optimal melakukan amal bajik sebaik mungkin, bisa juga di tambah. Lillahi Ta'ala yakin kalau kita akan maksimal menjalankannya. Bisa jadi renungan juga "Barangkali ini Ramadhan terakhirku" tanamin hal itu di dasar hati, InsyaAllah akan semakin memacu diri ini terus berbuat lebih. Jika kendur niatnya, akan kencang lagi, jika melemah niatnya, maka akan kuat lagi. Bismillah!

2. Buatlah Target
Target itu pasti bisa terealisasi, entah nantinya kurang ataupun berlebih gak jadi masalah, selagi kita sungguh-sungguh ngejalaninnya. Masak mau ngingkarin janji pada diri sendiri, semoga tidak. Contohnya bisa dimulai dari hal paling kecil, a. Tiap puasa bakal bangun buat sahur. Inget kan? Kalau Innas Sahura Baraokatan, jadi "Sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan". b. Harus selesai 2 kali khatam baca Al-qur'annya. Kalau pada bulan biasa terdapat satu pahala ditiap membaca huruf Al-qur'an yang akan dilipatkan menjadi10 kebaikan, maka dibulan Ramdahan akan berlipat menjadi 10 kali pahalanya, jadinya 100 kebaikan lah yaaa. Dan masih banyak lagi target-target versi kalian. Ya kan? (Bisa buat check list Dan jadikan wallpaper hp, biar keinget terus :D)

3. Atur Waktu
Di bulan ini pastinya banyak waktu kosong, selain perut kosong juga si, hehe :D atau malah padat-padatnya sebab kerja masih on juga. Ya gak papalah, itu gak jadi penghalang buat realisasikan niat dan juga target. Maka dari itu, tidak ada salahnya kan atur waktu, dari sejak bangun sampai tidur lagi. Dari jam sekian sampai sekian. Disitu tempelin agendanya, maksudnya kasih amalan yang harus diselesein oleh pribadi ini. Misal waktu istirahat, buat jadi tilawah, waktu sore menjelang buka puasa tambah tilawahnya. Gitu yaa :)

Sepetinya 3 sudah cukup. Tinggal eratin itu jadi satu kekuatan, maka Wusyh!  Akan tercipta Ramadhan yang asyik kali ini, gimana gak asyik cobak, kalau hari-hari kedepan akan beda dengan hari-hari sebelumya.

Ramadhan itu tamu mulia, ibaratnya kamu pingen banget ketemu sama seseorang nih ya, apa yang kamu persiapkan? Pastinya tampilan sebaik mungkin kan ya, lawong hatinya sedang berbunga bunga bakal berjumpa dengan yang didamba. Apalagi Ramadhan ini, datangnya cuma sekali dalam setahun. Ditambah lagi bakal ada malam mulia di dalamnya. Dan yang terpenting juga tadi sudah aku singgung dikit. Pastikan, hatimu berbunga-bunga menyambut kedatangannya, dari hati yang merekah, akan tumbuh semangat yang membuncah tuk melakukan kebaikan istimewa. Jangan sibuk mikirin setelah Ramadhannya aja lo ya, sayang banget kan?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS;Al-Baqarah:183)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Semoga kita sudah siap menyambutnya | Marhaban yaa Ramadhan (*Mohon maaf dari penulis kalau selama ini banyak salah kalau nulis di blog ini. Atau yang kenal dengan penulisnya dan merasa banyak salah nih penulis, maafin yaa 😭)

Masrifatun Nida'
Rumah, 15 Mei 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merangkai bunga kematian

Kupang yang di Rindu

Adeeva Mahyatul 'Izzah